Cara Menyambungkan Android Ke TV dengan Mudah

Apa kamu sedang mencari cara buat menyambungkan Layar Android ke TV? Pasti banyak diantara kita yang ingin menyambungkan androidnya ke tv. Entah itu untuk menonton film, bermain game, atau hal lainnya yang lebih nyaman bila di lihat dengan layar yang lebih besar. Tapi taukah kamu sebenarnya untuk menyambungkan layar android ke tv itu bukanlah hal yang sulit.

Sebagian besar TV saat ini adalah TV pintar atau bisa disebut SMART TV, yaitu mereka akan terhubung ke aplikasi internet seperti Netflix, YouTube dan sejenisnya. Sementara kamu juga dapat menggunakan streaming sticks atau mengatur kotak teratas untuk mendapatkan sebagian besar konten video atau penyiaran yang kamu inginkan untuk di akses. Namun untuk kita yang tidak mempunyai smart tv, kita bisa menghubungkan layar smartphone kita ke TV dengan beberapa cara. Apa saja caranya untuk Menyambung Layar Android Ke TV? Mari kita simak.

Cara Menyambungkan Android Ke TV Dengan Mudah

Menyambungkan Android ke TV dengan HDMI

Cara paling mudah untuk menghubungkan ponsel kamu ke TV adalah dengan kabel HDMI. Karena saat ini kebanyakan TV sudah memiliki port HDMI, yang digunakan untuk mentransfer audio dan video dari sumber yang sama. (Beberapa TV mulai mendapatkan HDMI 2.1, tetapi Anda hanya memerlukan standar HDMI 2.0 yang lebih umum jika Anda tidak menangani konten 8K.)

Ponsel kamu tidak akan memiliki port HDMI, tetapi ada adaptor yang berguna yang akan menghubungkan porta HDMI ke USB Type-C atau micro USB.

Beberapa tablet Android akan memiliki port mini HDMI atau micro HDMI, yang dapat terhubung langsung ke HDMI melalui kabel tunggal. Apa pun port yang ingin Anda sambungkan, pastikan kabel Anda kompatibel dengan koneksi itu.

Baca Juga : Tutorial Cara Menghemat Daya Baterai Android Terbaru

Menyambungkan Android ke TV dengan USB

Tampaknya cukup mudah? Hampir semua android menggunakan USB untuk pengisian daya baterainya, USB sangat mudah untuk dihubungkan dengan laptop atau PC. Tetapi jika TV kamu memiliki port USB, ini adalah cara sederhana untuk menyambungkan layar android kamu ke tv.

Kamu secara teknis akan mentransfer file untuk dibuka di TV, daripada mentransmisikan tampilan ponsel Anda, jadi ini lebih baik untuk melihat foto dan video Anda sendiri daripada yang lainnya.

Seperti pada laptop atau PC desktop, kamu bisa menuju ke menu tampilan di TV kamu, dan pilih USB. Kamu harus mendapatkan peringatan pada layar android kamu yang memungkinkan kamu mentransfer file. sayangnya cara ini hanya bisa digunakan untuk membuka media yang ada di android kamu saja.

Menyambungkan Android ke TV dengan Casting Miracast

Casting sendiri adalah proses streaming konten secara nirkabel dari ponsel atau tablet Anda, dengan menghubungkan ke jaringan WiFi yang sama dengan televisi Anda. Aplikasi smartphone seperti AllCast akan dapat melakukan transmisi langsung ke TV untuk Anda, yang dimana sudah mendukung untuk versi(Android 4.2 dan seterusnya) dan perangkat Windows (Windows 8.1 dan seterusnya) standar casting Miracast.

Dengan Miracast, kamu dengan mudah menampilkan layar android kamu di tv, aturlah casting Miracast dan pilih Enable Wireless Display untuk memeriksa perangkat terdekat yang akan ditampilkan.

Kamu juga bisa menggunakan perangkat streaming seperti Google Chromecast atau Roku Streaming Stick, yang menyambungkan ke port HDMI TV Anda, dan dapat dihubungkan secara wireless ke perangkat Android 4.4.2 atau lebih.

Baca Juga: 5 Kode Rahasia Android Terbaru Yang Harus Kamu Ketahui

Menggunakan AirPlay (untuk Iphone)

Untuk perangkat Apple, kamu bisa menggunakan AirPlay: teknologi milik Apple untuk transmisi audio dan video secara nirkabel.

Secara alami, AirPlay dirancang untuk bekerja pada perangkat Apple saja, tetapi jika kamu mengirim konten dari iPhone atau iPad ke Apple TV Anda, AirPlay akan membuat Anda diurutkan. Jika kedua perangkat terhubung ke jaringan WiFi yang sama, mereka akan secara otomatis mendeteksi satu sama lain, dan kamu akan dapat memilih koneksi AirPlay dalam pengaturan ponsel kamu, sama seperti yang kamu lakukan dengan Bluetooth untuk menghubungkan ke headphone nirkabel.

Nah itu dia cara mudah untuk menyambungkan dan menampilkan layar smartphone android kamu ke TV. Silahkan pilih cara yang menurut kamu paling mudah. Sekian artikel kali ini dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *