Cara Cek iPhone Asli Atau Palsu

cek-iphone-asli-atau-palsu

Saking populernya iPhone di kalangan pengguna smartphone tidak luput menjadikan smartphone satu ini untuk dipalsukan. iPhone palsu atau tiruan ini sendiri banyak jenisya dari  yang HDC, SuperCopy, 99% Copy dan lain sebagainya.

Banyaknya oknum  yang berusaha memalsukan iPhone disinyalir karena kepopuleran smartphone ini mulai dari kualitas dan kecanggihan yang dimilikinya. Dan banyaknya pengguna iPhone juga memicu produk iPhone tiruan ini dengan mudah beredar.

Salah satu indikasi iPhone palsu tentunya dipasarkan dengan harga yang jauhdari harga aslinya. Tapi untuk mengetahui apakah barang tersebut palsu atau tidak dari segi fisik tentunya cukup sulit. Hal ini dikarenakan tempilan iPhone palsu hampir 99% sama dengan yang asli. Apalagi bila kamu belu pernah memegang yang asli, kamu mungkin akan dengan mudah terkecoh dengan iPhone palsu.

Tapi hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa barang palsu itu bisa kamu deteksi dari segi fisiknya. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui cara cek iPhone asli atau palsu yang akan kami bagikan.Cara dibawah ini berlaku baik itu untuk kamu yang ingin membeli iPhone second ataupun baru tapi tidak di toko resmi.

Cara Cek iPhone Asli atau Palsu

1. Cek Fisik Fisik iPhone Asli

cek-fisik-iphone-asli

Langkah pertama untuk mengetahui iPhone tersebut asli atau palsu adalah dengan cek fisik iPhone tersebut. Berikut beberapa kondisi fisik yang harus kamu cek saat membeli iPhone, terlebih jika kamu membeli iPhone bekas.

Cek tombol fisik

iPhone memiliki tombol fisik berupa tombol kuncidi sebelah kanan, tombol volume dan tombol silent / ringer switch disebelah kiri. Pastikan tombol-tombol ini berfungsi dan tidak longgar. Karena beberapa iPhone KW memiliki tombol yang terkesan longgar.

Cek layar iPhone

Selanjutnya kamu  bisa mengecek kualitas layar. iPhone sendiri menggunakan layar dengan teknologi retina display. iPhone resmi memiliki tampilan layar yang jelas dan jernih. Berbeda dengan iPhone abal-abal yang memiliki layar yang buram dan silau bila tingkat kecerahan ditingkatkan.

Cek slot SIM

Langkah selanjutnya silahkan cek slot SIM. Pastikan hanya terdapat slot untuk menempatkan satu buah simcard saja untuk versi iPhone XS kebawah dan tidak memiliki slot microSD. Karena kebanyakan iPhone KW menggunakan dual SIM dan ada juga yang menambahkan memory microSD.

Cek Label

Ciri fikis terakhir yang bisa kamu cek adalah dengan mengecek label design yang ada di belakang ponsel. iPhone asli memiliki label “Designed by Apple California” dan “Assembled in China”.

bila tulisan tersebut tidak ada atau berbeda, ada indikasi bahwa iPhone terseubt adalah barang KW atau palsu.

Baca juga : Cara Cek Garansi HP iPhone

2. Cek Nomor IMEI iPhone

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan untuk mengidentifikasi keaslian iPhone adalah dengan melakukan pengecekan IMEI.

Buka menu Setting > General > About kemudian cari indormasi nomor IMEI dari perangkat kamu pada bagian bawah. Atau kamu juga bisa mendial kode USSD *#06# untuk mengetahui IMEI perangkat.

cek-garansi-iphone

Untuk mengecek keasliannya silahkan kunjungi situs CheckCoverage.apple.com. Setelah masuk situs tersebut, silahkan memasukkan nomor seri dari iPhone kamu. Bila iPhone kamu asli, disana akan menampilkan informasi lengkap mengenai hp kamu.

3. Menghubungkan ke iTunes

apple-itunes

Cara selanjunya adalah dengan menghubungkan ke iTunes. iTunes sendiri adalah aplikasi dari Apple yang bisa dipakai untuk mengecek iPhone asli atau palsu. Untuk menggunakan cara ini kamu harus menyiapkan Komputer atau Laptop terlebih dahulu, Berikut caranya:

  • Buka komputer/laptop dan jalankan aplikasi iTunes. Bila belum ada kamu bisa mengunduhnya gratis disini.
  • Selanjutnya hubungkan iPhone ke komputer/laptop dengan kabel USB.
  • Buka aplikasi iTunes kemudian klik Icon perangkat yang ada di sebelah kiri atas.
  • Kemudian pilih konten untuk diselaraskan seperti foto, musik atau video.
  • Jika kamu tidak bisa terhubung, kemungkinan iPhone yang kamu pegang bukan barang asli alias KW.

4. Cek Aplikasi yang Terinstal

aplikasi wajib install

Cara terakhir untuk mengecek keaslian iPhone adalah dengan mengecek aplikasi bawaan iPhone. Beberapa aplikasi yang bisa kamu cek adalah adanya App Store dan bisa terhubung kedalamnya.

Selain itu pastikan iPhone tersebut menggunakan iOS bukan Android. Karena banyak iPhone palsu yang menggunakan OS / Sistem Operasi Android.

Silahkan gunakan cara diatas untuk cek iPhone asli atau palsu. Terlebih buat kamu yang ingin membeli iPhone second atau bekas. Jadi sebelum membeli pastikan terlebuh dahulu iPhone tersebut asli atau palsu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.