Ini Dia Fitur Baru Untuk Android Q 2019 Yang Harus Kamu Ketahui

android Q

Belum lama ini sistem operasi Android versi ke 9 baru di rilis secara resmi. OS besutan google itu hadir dengan nama Android Pie.

Namun,  bocoran mengenai apa yang ditawarkan pada sistem operasi Android versi selanjutnya mulai beredar. Walu untuk nama resmi Android Q belum terungkap, kehadirannya patut ditunggu.

android Q

Android Q ini bakal mengusung beberapa peningkatan fitur. Beberapa fitur yang bakal muncul dalam Android Q yakni soal mode gelap sampai peningkatan privasi. Berikut ini merupakan sedikit rangkuman penjelasan dari beberapa fitur baru tersebut.

Tema Gelap

Menurut laporan dari XDA Developers, tema gelap dapat diakses di seluruh sistem melalui pengaturan Display di Android.

Durasi pada mode gelap pun dapat diatur sesuai jadwal yang ditentukan pengguna dan dapat diaktifkan terus menerus.

Menariknya, ada kemungkinan mode tersebut akan berfungsi pada aplikasi yang tidak memiliki fitur mode gelap sendiri.

Fitur ini dapat membuat mata pengguna tidak sakit saat menggunakan gawai pada ruangan gelap. Selain itu, dapat menghemat baterai pada ponsel dengan tampilan OLED.

Baca Juga : Android Q? Kode Nama Apa Yang Akan Google Berikan Untuk Android Q

Mengubah Perizinan Pada Android

Google telah mengubah sepenuhnya bagaimana perizinan bekerja pada Android. Menurut laporan XDA Developers, misalnya izin pada fitur lokasi dapat dibatasi hanya “saat aplikasi sedang digunakan,” sesuatu yang sebetulnya telah dimiliki iOS beberapa waktu.

Pada menu pengaturan, pengguna juga dapat melihat grafik “penggunaan izin”. Grafik tersebut menunjukkan izin mana yang sedang digunakan pada waktu tertentu.

Mode Desktop

Ada opsi pengembang yang disebut force desktop mode. Deskripsi pada fitur tersebut mengatakan mode desktop eksperimental pada tampilan layar sekunder.

Pada percobaannya, fitur tersebut tidak dapat diaktifkan sepenuhnya karena Google masih dalam tahap pengembangan untuk Android Q.

Selain itu, ada sejumlah opsi pengembang tambahan untuk hal-hal yang mendukung multi-windows dan opsi untuk “Game Update Package Preferences” yang memungkinkan pengguna untuk memilih driver grafis.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.