Kelebihan dan Kekurangan Domain TLD

Kelebihan dan Kekurangan Domain TLD – Pada umumnya penggunaan domain dibagi menjadi 2, yaitu domain tingkat atas dan subdomain (domain default platform, misalnya: blogspot.com, wordpress.com, dll.).

Domain tingkat atas biasanya  digunakan para blogger untuk meningkatkan pengunjung di blognya. Karena dengan menggunakan TLD diharapkan pengunjung lebih percaya dari artikel-artikel yang dipublikasi.

Apa itu Domain TLD?

TLD (Top Level Domain) merupakan domain tingkat atas atau biasa di sebut sebagai akhiran suatu domain, seperti .com, .id, .net. untuk mendapatkan TLD kita harus membayar, walau ada beberapa situs yang menyediakan TLD gratis dengan akhiran yang kurang populer. Berikut ini akan kami bagikan Kelebihan dan Kekurangan Domain TLD yang perlu kamu tau.

Kelebihan penggunaan TDL Untuk Blog/Website

1. Terlihat Lebih Profesional

Tentu saja, jika blog Kamu menggunakan domain TLD, blog Kamu akan terlihat profesional. Secara khusus, jika Kamu menggunakan Merek di Domain kamu, hal ini akan lebih mudah di ingat oleh orang jika sewaktu-waktu mereka ingin berkunjung lagi ke situs  kamu. Dengan nama blog terlihat  profesional, orang pasti akan lebih percaya pada blog Kamu.

2. Lebih mudah mendapatkan pengunjung

Dengan domain TLD, blog Kamu akan lebih mudah menarik pengunjung daripada kamu menggunakan domain gratis seperti blogspot.com, wordpress.com, dll. Hal ini bisa disebabkan karena orang akan lebih percaya pada blog yang kamu buat dengan domain berbayar daripada domain gratisan. Sebagai contoh, saat Kamu membuat domain blog untuk toko online, dapat dipastikan orang akan  memilih situs web yang memiliki domain profesional Tld daripada subdomain gratis.

3. Memperpendek URL

Dengan menggunakan TLD URL blog kamu akan lebih pendek. Misalnya saja jika Kamu menggunakan subdomain gratis dari blogger, (cukuptau.blogspot.com) bandingkan dengan yang menggunakan TLD (cukuptau.id). Dari sini, URL blog kamu akan lebih singkat dan mudah untuk di ingat.

4. Dapat memilih nama domain yang bagus buat blog kamu

Jika Kamu menggunakan domain gratis, Kamu tidak bisa mengkustom nama domain kamu,tapi dengan TLD kamu bisa menggunakan nama domain yang cocok untuk keperluan kamu. Karena pilihan domain TLD sangat bervariasi, misalnya .com .net .tech .me. org .biz .info .xyz .id dan banyak lagi.

5. Harga murah

Jangan khawatirkan masalah harga, karena domain TLD tidak terlalu mahal. Harganya kisaran 100.000 hingga 400.000 pertahun. Bila ada promo kamu pun bisa mendapatkan dengan harga 20.000 pertahun bahkan gratis bila ada event tertentu dari layanan hosting terkait.

Kekurangan Menggunakan Domain TLD

Dari beberapa kelebihan yang kita dapatkan dari penggunaan domain TLD, apakah ada kekurangannya? Tentu saja ada, tapi hal ini hanya berlaku sementara. Saat kita menggunakan sub domain gratis dan pindah ke domain TLD, maka blog tersebut untuk sementara akan deindex oleh google. Hal ini akan menyebabkan turunnya trafik dari blog kita dikarenakan google akan melakukan index ulang kepada blog kamu.

Kesimpulan

Dari kelebihan penggunaan domain TLD tentunya kami sangat menyarankan untuk langsung menggunakannya bila memang ingin serius  mengurus blog atau website. Karena bila menunggu rama baru beli domain tentunya hal ini bisa membuat trafic berkurang secara drastis.

Sekian artikel kali ini mengenai apa saja Kelebihan dan Kekurangan Domain TLD. Semoga membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.