kelebihan dan kekurangan tp-link wr840n

Kelebihan dan Kekurangan TP-Link WR840N Indonesia

Saat ini bukanlah hal yang sulit untuk membuat jarignan internet WiFi di rumah. dengan semakin berkembangnya zaman, maka semakin berkembangnya juga peralatan elektroik yang memudahkan penggunanya. Salah satu alat paling penting dalam membuat suatu jaringan WiFi yakni Router.

Salah satu produk murah dengan harga dibawah 150 ribu yang lumayan populer untuk membuat jaringan di rumah yakni TP-Link WR840N. TP-Link TL-WR840N menawarkanb 4 fitur sekaligus dalam 1 router yakni mode Router, WISP, Access Point, dan Range Extender dengan kecepatan transfer data hingga 300Mbps dan berjalan pada frekuensi 2.4GHz.

Router yang minimalis ini sanggup menampung 18 user sekaligus dengan sinyal yang stabil dan sangat cocok digunakan untuk streaming ataupun main game online. Ditambah dengan dua antena eksternal teknologi OMNI membuat router ini dapat memancarkan sinyal dengan baik.

TP-Link TL-WR840N ini juga sudah support IPTV atau biasa kita menyebutnya TV Kabel. Tianggal atur layanan yang ingin digunakan dan hubungkan ke Smart TV atau STB rumah.

Spesifikasi TP-Link TL-WR840N

WIRELESS
StandardsWi-Fi 4
IEEE 802.11n/b/g 2.4 GHz
WiFi SpeedsN300
2.4 GHz: 300 Mbps (802.11n)
WiFi Range2 Bedroom Houses

 


2× Fixed Antennas

WiFi CapacityLegacy
Working ModesRouter Mode
Access Point Mode
Range Extender Mode
WISP Mode
HARDWARE
ProcessorSingle-Core CPU
Etdernet Ports1× 10/100 Mbps WAN Port
4× 10/100 Mbps LAN Ports
ButtonsReset Button
Power9 V ⎓ 0.6 A
SECURITY
WiFi EncryptionWEP
WPA
WPA2
WPA/WPA2-Enterprise (802.1x)
Network SecuritySPI Firewall
Access Control
IP & MAC Binding
Application Layer Gateway
Guest Network1× 2.4 GHz Guest Network
SOFTWARE
ProtocolsIPv4
IPv6
Parental ControlsURL Filtering
Time Controls
WAN TypesDynamic IP
Static IP
PPPoE
PPTP
L2TP
Quality of ServiceQoS by Device
NAT ForwardingPort Forwarding
Port Triggering
DMZ
UPnP
IPTVIGMP Proxy
IGMP Snooping
DHCPAddress Reservation
DHCP Client List
Server
DDNSNO-IP
Comex
DynDNS
ManagementTetder App
Webpage
Check Web Emulator>
PHYSICAL
Dimensions (W×D×H)7.2 × 5.0 × 1.4 in
(182 × 128 × 35 mm)
Package ContentsWi-Fi Router TL-WR840N
Power Adapter
RJ45 Etdernet Cable
Quick Installation Guide

Fitur TP-Link TL-WN840N

fitur tp-link tl-wr840n

TP-Link TL-WN840N hadir dengan beberapa fitur unggulan seperti Easy Setup, Parental Control dan IP QoS. Di Easy Setup memungkan kamu untuk melakukan pengaturan Router nirakabel dengan hanya terhubung ke jarignan Router, sesederhana itu. Fitur Parental Control sangat berguna untuk melindungi anggota keluarga kamu terutama anak-anak untuk mengatur waktu Penggunaan internet dan bisa juga digunakan untk memblokir beberapa website dengan mudah agar tidak bisa diakses oleh anak-anak. Selanjutnya fitur Qos, dimana kamu bisa dengan mudah mengatur Bandwith kecepatan internet setiap pengguna.

Router TL-WN840N ini bisa dijadikan sebagai Access Point, WISP, Range Extenmder dan juga Router. Setiap pengaturannya juga tergolong mudah. Kamu cukup masuk ke pengaturan WEB UI yang bisa di akses melalui ip 192.168.0.1. Sementara untuk sambungan internetnya sendiri kamu bisa memilih apakah ingin menggunakan Static IP, Dynamic IP, PPPoE, PPTP, atau L2TP.

Masuk ke sisi desain, TL-WN840N ini memiliki desain yang sangat sederhana namun elegan, halus dan ramping. Dengan dua antena yang ada pada sisi belang body yang bisa diatur sudutnya membuat Router ini cocok pada posisi  Horizontal. Tidak seperti kebanyakan router dengan harga serupa dimana desain yang monoton kotak. TP-Link TL-WN840N menghadirkan lekukan desain yang keren dan lain dari router biasanya.

Kelebihan dan Kekurangan TP-Link WR840N

Untuk router dengan harga 150ribuan, Tentunya kelebihan dari TP-Link TL-WR840N ini bisa dibilang masih standar yakni pada settingan yang mudah, pilihan mode yang lumayan lengkap, desain yang berbeda dari kebanyakan router murah, dan memiliki jangkauan yang terbilang cukup kuat dan luas. Sedangkan untuk kekurangannya sendiri masih sama dengan kebanyakan router dibawah 200 ribuan dimana untuk sambungan internet non WiFi hanya mengandalkan konektifitas WAN.

 Akhir Kata

Mungkin itu saja artikel kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan TP-Link WR840N. Untuk Router terbaik lainnya bisa cek di Rekomendasi Router WiFi Terbaik dan Tercepat. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan terimakasih sudah membaca.