Mengenal Apa Itu Niche Blog , Arti dan Maksud

niche blog

Untuk seorang blogger, istilah niche blog atau niche website mungkin sudah tidak asing lagi dan mungkin dari pembaca sekalian sudah ada yang memahami maksud dan tujuannya. Tetapi bagi beberapa pemula atau orang yang baru saja memasuki dunia blog seperti admin, istilah niche terasa aneh dan saya cukup sulit untuk memahaminya. Jika Kamu mencari terjemahan dari kata “niche” itu sendiri dalam kamus Bahasa Inggris-Bahasa Indonesia, Kamu mungkin masih bingung karena artinya berbeda.

Banyak blogger mengartikan “niche” sebagai fokus pembahasan, yang berarti “niche blog” sama dengan “fokus pembahasan sebuah blog”. Misalnya, niche teknologi, yang berarti semua artikel mengulas topik diskusi yang terkait dengan teknologi. Apakah ini yang dimaksud dengan niche blog atau niche website itu?

Memahami niche blog

Kata “niche” (bahasa Inggris) bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia Menurut KBBI memiliki arti kata : 1 relung yang masuk ke dinding (tembok, tanah, dan sebagainya); lekuk, lubang; 2 lombong (dalam tambang); 3 gua (di gunung); 4 ruang berpetak-petak (di lemari dan sebagainya); 5 sudut (pojok) di dapur (kamar, rumah, dan sebagainya); 6 lekuk (di geladak kapal dan sebagainya); 7 rongga (sela-sela dalam timbunan barang dan sebagainya); 8 serokan; teluk kecil; 9 sudut jalan; jalan kecil (simpangan dan sebagainya);

Hal ini membuat kata “niche” itu sendiri memiliki pemahaman yang cukup jauh bila di lihat dari sudut pandang bahasa indonesia. Malahan tidak ada nyambungnya dengan dunia internet atau blogging.

Namun, pengertian niche dalam bahasa Inggris memiliki beberapa arti lain yaitu: tempat atau posisi yang memadai atau cocok untuk orang atau benda; segmen pasar yang berbeda; dan (kata sifat) yang memiliki daya tarik khusus.

Karena itu, jika diartikan sesuai dengan bahasa Inggris, pengertian Niche Blog adalah blog yang berfokus pada informasi spesifik yang bermanfaat dan menarik bagi audiens.

Oleh karena itu, pengertian niche blog adalah blog yang berfokus pada informasi spesifik yang bermanfaat dan menarik bagi pengunjung.

Baca Juga : Mengenal Domain TLD, Kelebihan dan Kekurangannya

Apa salah mengartikan niche blog adalah topik blog?

Tentu saja tidak, hal ini karena tidak ada definisi baku (dalam bahasa Inggris) untuk menjelaskan arti dari niche blog itu sendiri. Ada niche product (produk yang diproduksi dan dipasarkan untuk pasar kecil dan khusus tetapi menguntungkan) dan niche market (permintaan untuk produk atau produk yang sangat khusus)

Bisa jadi, niche blog adalah subjek (topik) dari sebuah blog. Namun, subjek hanya bagian dari niche itu sendiri, yang merupakan informasi spesifik, yang belum ke fokus pada pengunjung itu sendiri, yaitu berguna dan menarik.

Bagaimana dengan niche sebuah blog atau situs?

Jika Kamu ingin mengatakan bahwa blog memiliki niche, ada beberapa bagian yang harus dipenuhi, yaitu: spesifik, bermanfaat, dan memiliki informasi yang menarik. Yang dimaksud agar para pembaca dapat percaya pada informasi yang diberikan dan diharap agar dapat kembali ke situs kita untuk mencair informasi yang lainnya.

Dalam konteks khusus niche berarti sesuatu yang berfokus pada masalah dan masalah tertentu yang didefinisikan dengan baik.

Informasi dalam konteks situs niche berarti konten nyata yang berhubungan dengan topik tertentu. Konten ini dapat berupa video, halaman artikel, infografis, podcast, atau cara lain untuk mengirimkan pengetahuan tentang topik tertentu. Jika Kamu tidak memiliki informasi spesifik yang ditawarkan, kemungkinan orang tidak akan tinggal lama di situs dan tidak ada pengunjung organik dari mesin pencari.

Berguna dalam konteks niche berarti sebuah kualitas informasi telah ada di blog itu.  Walau sebuah blog mungkin memiliki banyak informasi di dalamnya, tetapi jika informasi itu tidak berguna, pembaca atau pengunjung tidak akan tertarik untuk untuk berlama-lama di blog kamu.

Daya tarik dalam konteks niche blog berarti kemampuan untuk menjaga pengunjung di situs. Meskipun informasi yang kamu berikan mungkin berguna, itu belum cukup untuk membuat pembaca berlama-lama di blog kamu. Selain berguna informasi itu juga harus menarik.

Jadi, bagaimana dengan pengaplikasian dan contoh sebuah blog memiliki niche atau tidak?

Mungkin lain kali admin akan lebih mencari tau tentang arti dari niche blog ini, karena admin sendiri masih pemula dalam dunia blogging dan masih belum tau juga apa maksud dari niche itu sendiri. Semoga informasi ini bermanfaat dan terimakasih karena sudah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.