penyebab blue screen windows 7

Cara Mengatasi Laptop Blue Screen

Masalah laptop Blue Screen ini sering terjadi tidak hanyak di laptop saja, tapi juga bisa terjadi di versi PC baik itu Windows 7, 8, maupun 10. Kejadian Blue screen terjadi secara tiba-tiba entah itu saat pertama kali ingin booting ke windows, saat menjalankan program aplikasi atau game, atau pas kamu sedang browsing. Masalah Laptop Blue Screen ini bisa terjadi di semua jenis laptop mulai dari laptop low end hingga yang high end serta juga berlaku untuk semua sistem operasi windows yang digunakan. Untuk itulah perlu diketahui cara mengatasi Laptop blue screen ini secara seksama.

Mengenal Masalah Laptop Blue Screen

Untuk pengguna windows masalah Blue Screen atau yang memiliki nama lengkap Blue Screen of Death dan biasa disingkat BSOD bisa terjadi karena adanya software atau hardware yang bermasalah atau crash yang mengharuskan sistem melakukan restart paksa. Blue Screen ini tidak seperti laptop hang atau lemot yang bisa diatasi dengan mudah. Meski demikian, kamu tidak perlu khawatir jika terkena masalah ini. Karena disini CukupTau akan membagikan cara mengatasi Blue Screen dan apa saja yang menyebabkan laptop blue screen.

Penyebab Blue Screen Windows 7/8/10

Nah, lalu apa penyebab utama laptop mengalami Blue Screen? Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, Blue screen ini bisa terjadi karena masalah hardware maupun software driver yang digunakan. Blue Screen terjadi ketika Windows bertemu dengan Error STOP yang mengakibatkan kegagalan pemrosesan data dan berakhir pada Windows Crash dan berhenti bekerja. Dan langkah penyelamatan dari windows itu sendiri adalah melakukan Restart dengan tampilan Blue screen.

Saat Laptop Blue Screen, sistem akan secara otomatis membuat minidump file yang berisi informasi tentang crash yang terjadi dan menyimpan di dalam media penyimpanan kamu. Dari minidump ini kamu bisa dengan mudah mengetahui penyebab masalah terjadinya Blue Screen.

Cara Mengatasi Laptop Blue Screen Windows

Untuk mengatasinya kamu bisa lihat terlebih dahulu penyebabnya melalui minidump. Untuk membuka file minidump kamu bisa menggunakan software gratis bernama BlueScreen View dari NirSoft’s atau menggunakan Windows Event Viewer. Dengan software ini bisa menampilkan masalah apa yang terjadi hingga laptop mengalami BSOD dan juga akan menampilkan crash yang terjadi pada Windows.

Tapi meski kita sudah dapat data blue screen windows tidak semua orang bisa menetahui bagian mana yang menyebabkan laptop mengalami masalah. Jika kamu salah satunya tidak perlu khawatir, disini akan kami berikan beberapa cara ampuh yang pastinya bisa membantu kamu terlepas dari masalah blue screen ini. Apa saja itu? Berikut cara-cara yang bisa kamu coba.

1. Restart Laptop

Langkah pertama saat laptop mengalami bluescreen adalah dengan melakukan restart laptop. Cara ini adalah langkah awal yang bisa kamu pakai. Meski cara ini tidak 100% berhasil, tapi dalam beberapa kasus dengan restart laptop masalah blue screen ini bisa teratasi.

Saat laptop terkena blue screen kita tidak bisa melakukan restart laptop. Jadi kita harus melakukan restart secara paksa dengan cara menekan tombol power laptop agak lama hingga laptop mati sendiri. Setelah itu baru kamu menghidupkannya kembali.

2. Restore System

Setalah restart namun Blue Screen di laptop masih juga sering datang mungkin kamu harus melakukan Restore System. Restore System atau System Restore ini merupakan fitur bawaan Windows yang bisa kamu pakai untuk mengembalikan system sebelum mengalami permasalahan.

Untuk menjalankannya cukup mudah, kamu bisa menemukan System Restore di menu Start > dan ketikkan System Restore. Setelah masuk ke jendela System restore silahkan klik next dan pilih tanggal sebelum  kejadian Blue screen menimpa laptop kamu. Setelah selesai klik saja next sampai Finish. terakhir tinggal tunggu hingga proses restore selesai.

Sayangnya ada beberapa komputer yang menonaktifkan fitur ini karena alasan untuk menghemat ruang penyimpanan. Jika iya, kamu bisa lanjut ke tahap selanjutnya.

3. Hapus software/driver yang terakhir dipasang

Langkah selanjutnya kamu bisa menghapus software atau driver yang terakhir kali dipasang. Bisa jadi software tersebutlah yang menyebabkan laptop bluescreen. Untuk menemukannya cukup mudah, kamu tingal menuju control panel > Uninstal Program > Urutkan berdasarkan tanggal pemasangan dan terakhir tingal kamu hapus aplikasi yang terakhir kamu pasang.

4. Scan Malware

Langkah selanjutnya kamu bisa melakuikan scan malware menggunakan anti virus. Malware yang berbahaya sangat memungkinkan menyusup hingga kernel Windows yang mengakibatkan sistem windows tidak stabil dan berakhir di BSOD. Untuk itu kamu perlu melakukan scanning menggunakan antivirus terupdate tentunya.

5. Masuk ke Safe mode

Cara-cara diatas tentunya bisa dilakukan jika laptop masih memungkinkan untuk booting ke windows. Tapi bagaimana jika tidak sempat ke Windows tapi sudah Blue Screen. Langkah yang bisa kamu pakai adalah dengan melakukan boot ke safe mode. Dalam safe mode kamu bisa menguninstal atau disable service yang dirasa menjadi penyebab BSOD. Buat yang belum tau cara masuk safe mode laptop bisa baca Cara Masuk Safe Mode Windows.

6. Cek Hardware

Langkah selanjutnya masuk ke hardware. Hardware yang paling sering menjadi penyebab laptop blue screen adalah RAM yang bermasalah. Ketika RAM sudah rusak atau mungkin kotor maka bisa menajadi penyebab Laptop mengalami Blue Screen.

Untuk mengeceknya bisa lewat bios, cek apakah ram terdeteksi apa tidak. Jika ada ram yang tidak terbaca kamu bisa mengeceknya dengan membongkar laptop bagian slot ram dan membersihkan pin-pinnya. Setelah bersih kamu bisa memasangnya kembali.

Selain RAM, hardisk juga bisa menjadi sumber penyakit laptop mengalami BSOD. Pastikan juga hardisk dalam kondisi sehat dan baik.

7. Instal Ulang Windows

Jika semua cara diatas masih belum berhasil, cara terakhir yang bisa kamu coba adalah dengan melakukan instal ualng windows laptop. Langkah ini dilakukan jika memang laptop sudah tidak bisa diselamatkan dengan cara-cara diatas.

Buat kamu yang belum tau caranya instal ulang laptop bisa baca Cara Instal Ulang Windows  yang sebelumnya sudah kami bahas.

Akhir kata

Mungkin itu saja yang bisa kami bagikan mengenai cara mengatasi laptop blue screen windows yang bisa kamu pakai. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan bisa membantu kamu mengatasi masalah blue screen ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil.