Cara Booting Flashdisk Windows

Cara Booting Flashdisk Windows 10 dan 7

Cara Booting Flashdisk Windows 10 dan 7 – Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan artikel tentang Cara Booting Flashdisk Windows supaya bisa digunakan untuk instal ulang OS. Sebenarnya tidak hanya untuk sistem operasi windows saja, tapi juga beberapa sistem operasi komputer lainnya juga ada pilihannya dan bisa.

Nah, agar tidak terlalu panjang, langsung saja berikut beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat Booting Flashdisk di Windows.

Apa keuntungan instal ulang menggunakan flashdisk?

Keuntungannya cukup banyak, salah satunya yaitu kita jadi lebih mudah untuk menginstal ulang OS tanpa perlu settingan yang berbelit. Apalagi sebagaimana yang kita ketahui beberapa model PC dan laptop sekarang hampir tidak lagi menggunakan CDRom.

Kerena itulah untuk instal ulang kita bisa menggunakan bootable flashdisk. Selain itu juga kecepatan pemindahan data dari flashdisk lebih cepat daripada menggunakan CD.

Baca juga : Cara Instal Ulang Windows Langsung Dari Hardisk Internal

Bahan yang perlu dipersiapkan

Sebelum membuat flashdisk kamu menjadi bootable windows atau sistem operasi lainnya kamu harus mempunyai file .iso sistem operasi yang akan kamu gunakan.Jika kamu belum punya, bisa download disini.

Selain itu flashdisk yang digunakan juga harus memiliki kapasitas lebih besar dari file .iso sistem operasi. Untuk windows sendiri menggunakan flashdisk ukuran 8GB sudah lebih dari cukup. Setelah dua komponen ini terpenuhi kamu siap untuk mempraktekannya. Dan berikut cara untuk membuat Bootabe flashdisk.

Cara Booting Flashdisk Windows

Dalam proses ini kita bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Admin sendiri biasanya menggunakan 2 aplikasi ini, yaitu.

Cara bootable flashdisk dengan Rufus

Software atau aplikasi yang pertama adalah rufus. Merupakan software yang paling sering digunakan untuk membootable flashdisk. Dengan tampilan yang mudah dimengerti dan penggunaannya yang tidak ribet. Prosesnya juga bisa dibilang cepat dan juga software ini memiliki ukuran yang kecil, jadi kamu tidak perlu mennunggu lama kalau ingin mendownloadnya, kamu bisa mendownloadnya disini. Cara penggunaanya bisa dilihat pada gambar berikut.

Cara Booting Flashdisk
  1. Pilih drive flashdisk kamu
  2. Pilih direktori tempat kamu menyimpan file .iso sistem operasi
  3. File system bisa diganti ke NTFS agar bios dapat dengan mudah mendeteksi flashdisk kamu
  4. Pilih quick format
  5. Start dan tunggu hingga proses selesai

Cara membuat bootable flashdisk dengan UNetBootin

Yang kedua kamu bisa menggunakan UNetBootin. Cara enggunaannya hampir sama dengan Rufus di atas. Untuk kelebihan dan kekurangannya juga tidak terlalu signifikan. kamu bisa mendownloadnya disini.

Ubah Booting ke Flashdisk

Jika kamu sudha mengcopy file iso ke dalam flashdisk menggunakan software diatas maka selanjutnya tinggal mengubah booting ke flashdisk. Untuk caranya cukup mudah. Kamu tinggal masuk ke menu BIOS dan pada bagian Boot ubah menjadi USB Flashdisk.

Akhir Kata

Itu dia cara booting flashdisk untuk Instal Ulang Windows yang bisa kamu pakai. Cukup mudah dan pastinya software-software tersebut gratis bisa kamu gunakan dan download di website resminya. Apabila ada masukan atau hal yang kurang dipahami bisa tinggalkan komentar dibawah. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan terimakasih sudah menbaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.