7 Cara Hidup Hemat Agar Pengeluaran Tidak Membengkak

hidup hemat

Bayak orang yang beranggapan bahwa hidup hemat itu hal yang mudah. Padahal seseorang yang dulunya hemat sekalipun bisa dengan mudah menjadi orang paling boros dikarenakan pengaruh dari gaya hidup orang-orang di sekitarnya. Pengeluaran yang tidak sebanding dengan jumlah pemasukan gaji ini lah yang membuat kehidupan seseorang menjadi kurang terus.

Kunci utama dari hidup hemat adalah bisa tidaknya anda mengelola keuangan dengan tepat dan benar. Hal ini bisa dilakukan dengan mengubah kebiasaan sehari-hari, seperti membuat anggaran bulanan. Agar semakin terbantu, anda bisa menerapkan beberapa tips cara hidup hemat berikut ini agar pasak tidak lebih besar daripada tiang.

Cara Hidup Hemat Dengan Mudah

1. Berani Menolak Ajakan Teman

Suka nongkrong atau hangout bareng teman? Kebiasaan tersebut harus kamu kurangi atau segera diubah agar uang kamu tidak cepat habis. Meskipun jajanan yang biasanya kamu pesan harganya terjangkau, jumlah uang yang akan kamu habiskan ketika nongkrong bareng teman akan dihabiskan cukup lumayan, apalagi bila anda terlalu sering. Ajakan seperti ini sebaiknya kamu hindari agar pengeluaranmu tetap terkontrol.

Bila kamu tetap ingin nongkrong bersama teman lebih baik ini dilakukan di rumah atau sebuah taman kota. Hal ini memang terlihat lucu, tapi saya sendiri menggunakan cara ini dan terbukti uang yang kita keluarkan tidaklah sebanyak saat kita jalan ke mall atau caffe.

2. Bepergian dengan Angkutan Umum

Bepergian dengan kendaraan pribadi sekilas terlihat menguntungkan dan lebih cepat dibandingkan menggunakan angkutan umum. Namun perlu kamu ketahui, biaya yang kamu keluarkan bukan hanya masalah bensin saja bila menggunakan kendaraan pribadi. Selain biaya service dan biaya kerusakaan diluar dugaan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Jika kamu tetap ingin menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya pertimbangkan jarak yang ingin ditempuh sebelum bepergian. Apabila jaraknya dekat atau kurang dari 1 kilometer alangkah baiknya menggunakan angkutan umum atau berjalan kaki. apabila jaraknya cukup jauh, kamu bisa menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi, tergantung tingkat kepadatan lalulintas di tempatmu.

3. Memanfaatkan Fasilitas Gratis

Selalu manfaatkan fasilitas gratis yang bisa kamu gunakan di sekitar tempat tinggalmu, seperti wi-fi, parkir, atau perpustakaan gratis. JAngan ragu untuk mengaktifkan kartu keanggotaan agar bisa menikmati fasilitas gratis ini. Pada awalnya, kamu biasanya perlu mengeluarkan sejumlah uang untuk biaya registrasi. Setelah itu, kamu bis amenggunakan fasilitas-fasilitas tersebut sepuasnya.

Kamu bisa memanfaatkan fasilitas gratis tersebut setiap kali kamu membutuhkannya. Jangan menghiraukan kata orang lain yang mengecap kamu sebagai “pemburu gratisan”.  Yang terpenting adalah upaya kamu untuk hidup hemat bisa berjalan dengan sukses.

4. Menabung Setiap Hari

Menabung tidak harus dilakukan setiap bulan atau saat kita menerima gaji saja. Kamu bisa melakukan hal ini setiap hari. Kamu bisa menggunakan sistem uang jajan harian. Jadi, tentukan jumlah uang yang akan dihabiskan selama satu hari, misalnya Rp 50.000 hingga Rp 100.000. Jumlah yang pastinya tidak melebihi jumlah gaji bulanan kamu.

Jika uang jajan tersisa kamu bisa memasukkannya ke celengan. Lakukan hal ini secara rutin setiap hari agar jumlahnya semakin banyak. Jangan pernah menghitungnya hingga waktu yang sudah kamu tentukan. Setelah waktu yang kamu tentukan tersebut kamu bisa menggunakannya untuk membeli barang yang kamu inginkan.

5. Belanja Sesuai Kebutuhan

Sebelum berbelanja alangkah baiknya dari rumah kamu sudah mencatat apasaja yang ingin kamu beli. Mulai dari kebutuhan pokok, minuman, snack, obat-obatan dan lainnya. Kemudian, hitung berapa jumlah uang yang diperlukan untuk semua kebutuhan tersebut.

Habiskan uang kamu untuk membelanjakan barang-barang yang kamu butuhkan. Sedangkan barang lain yang tidak termasuk dalam kebutuhan dan memiliki nilai penyusutan harga yang tinggi seperti gatged sebaiknya tidak perlu diindahkan. Dengan fokus pada daftar kebutuhan, gaji bulanan kamu tidak akan terbuang untuk hal yang tidak berguna.

6. Membuat Makanan Sendiri

Biasakan untuk bangun lebih pagi agar kamu bisa menyiapkan bekal makanan sendiri dirumah. Karena harga sebungkus nasi beserta lauknya di kantin dan warung dekat kantor lumayan menguras dompet. Misalnya, untuk sekali makan kamu harus mengeluarkan uang sebesar Rp 15.000 hingga Rp 20.000 setiap harinya. Dalam satu bulan, jumlah yang kamu keluarkan cukup banyak.

Memang, memasak sendiri membutuhkan effort yang lebih besar. Kamu harus bangun lebih pagi untuk menyiapkan semuanya, mencatat menu makanan pada hari sebelumnya, dam membeli bahan yang aka digunakan. Tetapi, cara ini sangat ampuh untuk menghemat pengeluaran. Sekali-kali, kamu bisa mencoba dan membuktikannya.

7. Tetapkan Tujuan Keuangan secara Spesifik

Penghematan yang kamu lakukan harus memiliki tujuan, yang dimana tujuan tersebut untuk mencapai kesuksesan finansial di masa mendatang. Tetapi, coba buat juga tujuan hidup hemat secara spesifik. Apakah uang ini nantinya akan digunakan untuk membeli properti atau kendaraan pribadi, atau akan digunakan untuk keperluan mendesak lainnya. Dengan begitu, kamu akan tahu target keuangan yang ingin di capai demi mewujudkan tujuan tersebut.

Nah, itu dia beberapa cara hidup hemat yang bisa kamu praktekkan agar  pengeluaran lebih terjaga. Sekian tips kali ini dan terimakasih sudah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.