Cara Menghilangkan Virus di Flashdisk

cara menghilangkan virus di flashdisk permanen

Virus di Flashdisk banyak macamnya mulai dari virus Shortcut, virus trojan, Worms, malware dan lainnya  yang tentunya selain berbahaya untuk kesehatan komputer juga berbahaya untuk flashdisk itu sendiri bila didiamkan terus menerus.

Selain berbahaya, flashdisk yang sudah terkena virus ini bia menginfeksi komputer/laptop lain saat di colokkan. apalagi bila Laptop tersebut tidak menonaktifkan autoplay media yang sebelumnya sudah kami bahas di Cara Mengamankan Laptop/PC Dari Virus Tanpa Antivirus.

Meski merupakan teknologi teknologi lama, Penggunaan flashdisk sebagai tempat menyiman file masih banyak dipilih. Karena selain harganya yang semakin murah kecepatan transfer data juga sudah lumayan tinggi bila dibandingkan dengan menyimpan file di drive secara online.

Nah,buat kamu  yang sedang mengalami masalah flashdisk terkena virus dan ingin tau trik agar flashdisk lebih tidak  gampang kena virus. Berikut cara menghilangkan Virus di Flashdisk  yang bisa kamu pakai.

Cara Menghilangkan Virus di Flashdisk Secara Permanen

Flashdisk yang terinfeksi virus biasanya mengakibatkan data-data didalamnya menjadi error bahkan tidak dapat dibuka. Untuk menghapusnya sebenarnya gampang-gampang sudah. Apalagi jika  kita ingin menghapus virus flashdisk tanpa kehilangan data. Hal ini cukup kecil presentasinya. Tapi kamu masih bisa mencobanya untuk memastikannya. Berikut beberapa cara  yang bisa kamu pakai.

Hapus Virus Flashdisk pakai Antivirus

hapus-virus-permanen-di-flashdisk

Nah, cara pertama yang paling umum untuk membasmi virus di media penyimpanan flashdisk  adalah dengan menggunakan software Antivirus. Kamu cukup melkukan pemindaian pada flashdisk untuk mengejek dan menghaus virus yang ada.

Tapi pastikan kamu sudah meng-update atau memperbaharui database virus di software antivirus tersebut. Dan satu lagi, jangan gunakan Antivirus crack karena file crack itu sendiri merupakan virus.

Nah, untuk menghapusnya kamu bisa melakukan scanning atau pemindaian. Jika tidak ditemui adanya virus, berarti flashdisk kamu aman dari virus komputer.Jika terdeteksi ada file berbahaya, langsung kamu  hapus saja.

Hapus Virus FD dengan CMD

Beberapa virus terkadang tidak terdeteksi saat dilakukan scan dengan antivirus.Virus ini biasanya merupakan virus jenis shortcut dimana mengubah file-file di dalam flashdisk menjadi shortcut.

Memang tidak terlalu berbahaya, namun tetap saja virus ini sedikit merepotkan karena setiap kita klik file  yang diinginkan malah terbuka file explorer baru yang membuat komputer jadi berat.

Untuk menghapus virus ini dari flashdisk sebenarnya kita bisa pakai perintah CMD. Dengan perintah ini kita bisa menghilangkan virus menjengkelkan ini dari flashdisk tanpa perlu kehilangan data. Berikut caranya.

  1. Pastikan flashdisk sudah terhubung ke Laptop/Komputer
  2. Buka Command Prompt (CMD) klik aja start  dan ketik CMD lalu klik kanan pilih run as administrator
  3. Di jendela CMD ketikkan drive flashdisk, misalnya E: lalu tekan Enter
  4. Lanjutkan dengan mengetikkan perintah attrib -s -h -r -a *.* /s /s
  5. Sekarang folder flashdisk yang tidak terlihat akan terbuka
  6. Kalau sudah sekarang hapus file yang kamu curigai sebagai Virus. bisa dengan tekan Shitf+Del atau di CMD dengan mengetikkan perintah del namavirus.exe

Menghapus Virus Flashdisk yang tidak bisa dihapus

Beberapa virus terkadang tidak bisa dihapus. Hal ini karena program virus tersebut sedang berjalan. Untuk menghapus Virus ini susah-susah gampang. Berikut caranya yang bisa kamu pakai.

Pertama-tama silahkan matikan terlebih dahulu Autoplay agar saat kamu emncolokkan flashdisk, program yang ada tidak bisa berjalan secara otomatis. Berikut caranya.

  1. Buka Run (Windows+R) dan ketikkan gpedit.msc
  2. Buka Computer Configuration > Administrative Templater > Windows Components > AutoPlay Policies
  3. Klik pana Turn off Autoplay dan pilih Enable
  4. Terakhir klik Apply

Sekarang kamu bisa menghubungkan flashdisk ke laptop dan melakukan scan untuk menghapus virus  yang tidak bisa dihapus barusan.

Hapus Virus Flashdisk Permanen

Sudah pakaisemua cara diatas tapi vitrus masih kembali lagi,jalan terakhir adalah dengan melakukan Format. Agar proses format lebih baik kamu bisa menggunakan software gratis bernama HDD Low Level Format Tool. Software ini bisa menghapus semua firus hingga ke akar-akarnya.

Tapi sebelum menjalankan program ini pastikan kamu sudah membackup file-file penting. KArena semua data akan hilang. Jika sudah, berikut langkah-langkahnya:

  1. Download terlebih dahulu aplikasi HDD Low Level Format disini
  2. Jika sudah pasang dan puka aplikasinya
  3. Selanjutnya sambungkan flashdisk dan lakukan scan
  4. Pilih Drive flashdisk kamu dan piloih Format

Proses formatnya sendiri akan sedikit  lama tidak seperti format biasa.

Tips agar Flashdisk Aman dari Virus

Jika sudah menerapkan semua cara diatas dan FD kamu sudah bebas dari Virus, berikut kami berikan bonus yakni cara menjaga agar Flashdisk tidak  mudah terkena Virus. Apa saja itu? berikut tipsnya.

  1. Rutin melakukan update pada antivirus dan scan Flashdisk secara berkala
  2. Tidak sembarangan mongcopy file
  3. Tidak sembarangan meminjamkan flashdisk ke teman
  4. Jangan membuka situs yang aneh-aneh
  5. Tidak menyimpan file bajakanapalagi yang berisi crack

Akhir Kata

Demikian sedikit tips dan cara menghilangkan Virus di Flashdisk permanen yang bisa kamu pakai. Deri keempat cara diatas tentunya cara yang paling ampuh adalah dengan melakukan format. Tapi jika tidak mau format kamu bisa menghilangkannya dengan Antivirus. Tapi pastikan Antivirus kamu bukan antivirus  yang menggunakan crack untuk mengaktifkannya.