Cara Naik Busway TransJakarta

cara-naik-busway-transjakarta

Pastinya sudah tidak asing lagi bila mendengar kata busway. Busway sendiri sebenarnya adalah nama jalur khusus yang dilalui Bus TransJakarta. Tapi kebanyakan orang lebih mengenal naik busway ketimbang naik Bus TransJakarta. Tapi disini kita tidak perlu terlalu mempermasalahkan hal tersebut. Disini kami akan sedikit sharing cara naik busway transjakarta.

TransJakarta telah beroperasi sejak tahun 2004 dan sekarang sudah memiliki 13 koridor dengan lebih dari 200 stasiun. Untuk waktu operasionalnya sendiri yakni mulai pukul 05.00 hingga 22.00 WIB dan 24 jam untuk sebagian koridor lainnya.

Nah, buat kamu yang baru pertama kali ingin mencoba naik busway transjakarta. Berikut tips atau cara naik busway transjakarta yang bisa kamu pakai agar tidak bingung nantinya.

Cara Naik Busway TransJakarta

tutorial-naik-transjakarta
Sumber gambar : transjakarta.co.id

1. Tentukan Rute Tujuan

Langkah awal adalah dengan menentukan tujuan baik itu halte keberangkatan dan tujuannya.  Kamu bisa mengecek website resmi Rute TransJakarta disini. Disana kamu  bisa menentukan halte keberangkatan dan halte tujuan dari 13 koridor aktif dan 10 koridor yang beroperasi 24 jam (koridor 1 sampai 10). Jadi kamu tidak perlu khawatir kehabisan busway saat ingin bepergian malam hari.

2. Siapkan e-Money

Mulai januari 2015, kita sudah bisa melakukan pembayaran transjakarta menggunakan e-Money atau uang elektronik. Setiap perjalanan akan dikenai biaya Rp 3.500,-. Jadi kamu harus memastikan bahwa saldo e-Money cukup. Jika kurang, kamu juga bisa melakukan top-up di loket Transjakarta dengan minimal pengisian Rp 20.000,-.

Jika kamu tidak punya e-Money, kamu masih bisa membelinya di halte Transjakarta  dengan minimal saldo Rp 20.000,-. Berikut beberaa jenis e-Money yang bisa digunakan untuk pembayaran busway transjakarta

Nama BankJenis e-Money
Bank MandiriE-Money, E-toll card, Indomaret Card, GazCard
Bank Central Asia (BCA)Flazz
Bank Negara Indonesia
(BNI)
TapCash, Kartu Aku, Rail Card
Bank DKIJakCard
Bank MegaMegaCash
Bank Rakyat Indonesia
(BRI)
BRIZZI

3. Menuju ke Halte

Setelah tau tujuan yang diinginkan, silahkan menuju ke halte pemberhentian Busway. Dihalte ini biasanya terdapat 2 arah yang berbeda. Jadi kamu harus memastikan berada di arah yang benar agar tidak salah bus. Silahkan lakukan tap-in di pintu masuk halte untuk masuk kedalam halte. Jika kamu kehabisan saldo atau belum punya tiket busway, kmau bisa membeli di loket halte trans jakarta.

4. Naik Busway TransJakarta

Silahkan tunggu bustransjakarta kamu datang dan pastikan itu adalah busway transjakarta bukan bus APTB. Karena bus APTB ini memiliki trayek sendiri dan kamu masih harus membayar lagi saat didalam. Jadi pastikan bus yang datang adalah busway transjakarta. Dan saat kamu sudah ada di dalam bus, pastikan selalu ikuti tata tertib TransJakarta agar perjalanan menjadi aman dan nyaman.

5. Naik Bus Feeder

Bus feeder trans jakarta adalah busway dengan ukuran lebih kecil yang beroperasi terintegrasi dengan TransJakarta untuk menjangkau kawasan yang tidak memiliki koridor sendiri. Jadi bila lokasimu jauh dari halte koridor terdekat, kamu bisa menggunakan feeder transjakarta ini.

Baca juga : Cara Naik MRT Jakarta

Tarif Busway Transjakarta

Sejak 2013, Transjakarta sudah menerapkan pembayaran menggunakan kartu elektronik (e-ticketing) untuk menggantikan uang tunai. Pelanggan harus melakukan tap-in saat masuk halte dan tap-out saat keluar halte. Dimana saldo akan terpotong saat tap-in.

Prosedur Pembelian Tiket & Top Up

  • Kartu dapat dibeli di bank penyedia kartu prabayar dan loket pada seluruh halte Transjakarta
  • Pengisian saldo dapat dilakukan di ATM, bank-bank terkait, dan loket halte. Kartu tersebut, (kecuali untuk Bank DKI (JakCard) dan Bank Mega MegaCash), dapat juga digunakan sebagai tiket Commuter Line.

Petunjuk Penggunaan Tiket

  • Pengguna e-ticket tidak perlu mengantri di loket halte, cukup dengan tap-in di pintu masuk halte (barrier) lalu masuk ke dalam halte
  • Apabila saldo habis, maka saat tap-in pintu barrier tidak dapat diputar dan pengguna kartu dapat mengisi ulang di loket halte ataupun atm dan merchant yang bekerja sama dengan bank tersebut.
  • Semua pengguna Transjakarta yang akan keluar halte melakukan tap out sebelum keluar halte tujuan akhir. Pelanggan tidak perlu tap untuk transit, tap out hanya dilakukan pada halte tujuan akhir.

Tarif Busway TransJakarta

  • Pkl. 05.00 – Pkl. 07.00 WIB: Rp. 2.000
  • Pkl. 07.00 – Pkl. 24.00 WIB: Rp. 3.500
  • Pkl. 24.00 – Pkl. 05.00 WIB: Rp. 3.500

Akhir Kata

Itudia 5 langkah cara naik busway transjakarta. Kamu juga bisa mendownload aplikasi Tijeku untuk mengetahui seluruh informasi resmi dari transjakarta. Silahkan download dsisini untuk ponsel android dan disini untuk iOS. Disana juga sudah disediakan informasi mengenai rute, halte, posisi bus, jenis layanan, pembukaan layanan baru dan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.